APLIKASI BISNIS
TEKNOLOGI INFORMASI
LAPORAN BISNIS HY-VEGETABLES
Dosen: Evans
Winanda Wirga
Anggota
Kelompok:
1.
Avani Rossy
2.
Dika Darmawan
3.
Judita Fitria
4.
Nurul Fitri
5.
Sutan Al-Alaq
Kelas: 4KA01
JURUSAN SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2016
1.
Apa yang sudah dilakukan ?
Jawab
:
·
Produksi : Penanaman sayuran kangkung
telah dilakukan untuk kali ketiga, Di
mana prosesnya masih dilakukan dengan
metode, lahan, dan alat yang
sama.
·
Penjualan : Penjualan dilakukan sebanyak
2 kali, penjualan pertama dengan
bekerjasama dengan tukang
sayur keliling, sementara penjualan kedua
dijual secara langsung ke
konsumen.
·
Promosi : Media promosi Hy-Vegetables
terdiri dari 2 macam, yang pertama
adalah media sosial (twitter,
Instagram, dan web), sementara yang kedua
adalah media cetak yaitu brosur
dan kartu nama. Bagian promosi sudah
melakukan promosi dengan berbagai
media diatas, namun pembelian
sayur Hy-Vegetables belum bisa
dibeli secara online.
2.
Apa yang masih kurang ?
Jawab:
·
Produksi : Jumlah produksi yang sangat
kecil
·
Tidak Online : Tidak dapat
mendistribusikan produk Hy-vegetables secara online, dan baru bisa dijual
secara langsung.
·
Variasi : Varian dari produk
Hy-Vegetables hanya satu, yaitu kangkung
·
Alat dan Bahan : Mahalnya harga alat dan
bahan menjadi penyebab kurangnya jumlah alat dan bahan yang dimiliki oleh
Hy-Vegetables
·
Lahan : Penempatan tanaman sayur
hydroponic bergantung pada lahannya.
·
Tidak Organik : Produk Hy-Vegetables masih
belum dapat dikatakan organik karena masih menggunakan nutrisi kimiawi.
3.
Positive Impact ?
Jawab
:
Dampak
positif yang di dapat oleh kelompok kami adalah :
·
Dapat membangun kerjasama tim yang baik
antar sesama anggota
·
Mendapatkan pengalaman berinteraksi
secara langsung dengan konsumen
·
Menjadi lebih berani dalam hal ini
melakukan penawaran kepada pihak calon pembeli
·
Mengetahui seluk-beluk dunia bisnis
·
Mengerti cara mengatur keuangan dan lain
sebagainya
4.
Evaluasi ?
Jawab
:
Evaluasi
akan dilakukan berdasarkan kekurangan yang telah disampaikan pada jawaban
sebelumnya,
·
Produksi : Jumlah produksi yang sangat
kecil. Jumlah penanaman bibit sayur yang masih skala kecil, peralatan seadanya
dan jumlah lahan yang kecil menyebabkan
kurangnya jumlah produksi, sehingga tidak dapat memenuhi keinginan pasar dan
terlupakan oleh konsumen.
·
Tidak Online : Terbatasnya stok dan
mudah rusaknya produk Hy-Vegetables tidak dapat dijual lebih dari 1 hari pada
suhu normal, sehingga tidak mungkin dijual secara online.
·
Variasi : Varian sayur yang dijual oleh
Hy-Vegetables adalah jenis sayur kangkung, selain rasanya yang enak dan banyak
diminati, ternyata proses penanaman hydroponic sayur kangkung terbilang lebih
mudah dibandingkan dengan jenis sayur lainnya. Namun karena hanya ada satu
jenis sayur yang dibudidayakan, konsumen tidak memiliki alternatif lain jika
tidak menyukain sayur kangkung.
·
Alat dan Bahan : Jumlah alat dan bahan
yang terbatas juga menjadi salah satu kendala yang berpengaruh pada proses
produksi, karna harga alat dan bahan yang cukup mahal dan minimnya dana
menyebabkan Hy-Vegetables belum dapat memproduksi dalam skala besar.
·
Lahan : Walaupun sayuran hydroponic tidak bergantung pada
kondisi tanah, namun lahan yang lebih sering terkena hujan dibanding matahari
akan menghambat pertumbuhan tanaman, dan juga harus berhati-hati dengan lahan
yang terdapat hama tikus. Salah satu hama perusak sayuran hydroponic adalah tikus,
tikus memakan dan merusak daun sayur sehingga sayur tidak dapat dijual. Lahan
yang terbuka tidak dapat begitu saja dijadikan tempat untuk menanam sayuran
hydroponic, karena jika lahan tersebut terdapat hama tikus maka sayuran justru
akan menjadi makanan tikus, dan perusahaan merugi.
·
Tidak Organik : Produk Hy-Vegetables
mengusung tema hiegenis dan non pestisida, namun hal itu saja ternyata tidak
membuat konsumen merasa puas. Selain
hiegenis dan bebas pestisida, ternyata konsumen juga ingin sayuran yang
mereka makan juga bebas dari bahan kimia yang tidak diketahui asal-usulnya.
Konsumen menginginkan sayuran yang hiegenis, bebas pestisida dan juga organik.
5.
Rencana yang akan dilakukan selanjutnya
?
Jawab:
Rencana yang akan dilakukan
selanjutnya ialah mencoba menarik investor, dikarenakan keterbatasan dana kami
sebagai mahasiswa sehingga kami membutuhkan dana dari luar perusahaan untuk
membantu kami dalam meningkatkan jumlah produksi. Menarik minat investor
tentunya tidak mudah, maka dari itu kami akan berusaha mengatasi terlebih
dahulu kekurangan produk kami.
Salah
satunya kami akan mencoba untuk membudidayakan tanaman hydroponic dengan metode
bebas bahan kimia yaitu dengan mengganti nutrisi kimiawi menjadi nutrisi
organik seperti pupuk kandang. Kami akan melakukan percobaan dan melakukan
perbandingan hasil antara tanaman yang diberi nutrisi kimiawi dengan yang
diberi nutrisi organik, jika tanaman hydroponic dengan metode organik berhasil
maka kami akan memecahkan salah satu kekurangan kami dengan memberikan konsumen
sayuran yang tidak hanya bebas pestisida dan hiegenis namun juga organik.
Selain
itu, Hy-Vegetables juga akan mencoba membudidayakan sayuran jenis lain sebagai
variasi produk yang akan dijual, seperti bayam, sawi, dan pakcoy. Dan jika produk Hy-Vegetables akan dipasarkan
secara online tentunya masih dalam jarak yang dapat ditempuh oleh jasa ojek
online yang akan membantu proses pemasaran.
6.
Investor Offer
Penawaran yang kami berikan kepada para invsestor :
- Pengembangan kegiatan bisnis perusahaan dengan mengadakan perangkat hydroponik yang lebih baik lagi dengan menggunakan pipa cable duck yang dapat di beli atau dibuat. Dengan memiliki perangkat hydroponik yang lebih memadai tentunya jenis tanaman yang diproduksi lebih banyak, contohnya seperti sawi, pakcoy, butterhead, selada dll. Tentunya dapat membuat variasi dari jenis sayuran yang nantinya akan dijual, dan hasil dari sayuran yang di produksi akan jauh lebih maksimal, dengan menggunakan perangkat hydropnik ini tentunya jumlah produksi dapat ditingkatkan dan memfokuskan pada pendapatan juga meningkatkannya.
- Meningkatkan kualitas
produk. Dengan memiliki perangkat hydroponik yang lebih memadai tentunya
hasil kuliatas produk lebih baik dengan menggunakan teknik hydroponik dft
( deep flow system ) asupan nutrisi yang tercampur dengan oksigen yang
banyak akan mempercepat proses pertumbuhan sayuran.
- Meningkatkan pemasaran
produk. Dengan melakukan kerja sama terhadap tukang sayur di wilayah
Jakarta dan Depok dengan melakukan terlebih dahulu pemberian edukasi
tentang sayuran hydroponik terhadap tukang sayur.
- Penambahan lahan produksi,
saat ini kegiatan produksi berlangsung di wilayah Jakarta yang sangat
minim dengan lahan. Jika ada penambahan lahan untuk kegiatan produksi
tentunya jumlah kapasitas produksi untuk setiap satu kali produksi dapat
ditingkatkan.
- Penambahan peralatan
seperti TDS dan PH meter. Saat ini untuk kegiatan produksi masih
menggunakan cara yang sederhana dalam pemberian jumlah nutrisi. Adanya
TDS dan PH meter sangat berguna bagi proses pemberian nutrisi tanaman
agar lebih maksimal dan air nutrisi setelah panen pun dapat dipergunakan
kembali jika kita dapat menggunakan alat alat tersebut dengan baik.
a)
Provit
Provit atau keuntungan
yang didapatkan dari setiap penjualan produk Hy-Vegetables cukup besar, labanya
sebesar 100-150% dari modal yang dikeluarkan, namun dikarenakan penjualannya
yang tidak maksimal dan jarak waktu penjualannya cukup jauh menyebabkan tidak
terlihat provit yang berarti.
Provit
baru akan dirasakan jika penjualan berlangsung secara continue dan meningkat, untuk itu diperlukan lahan, alat dan bahan
yang tidak sedikit. Penanaman minimal dilakukan 3 hari sekali untuk memberi
jarak panen, sehingga penjualan tidak dilakukan hanya pada waktu tertentu. Jika
dalam 1 kali panen menghasilkan 100 ikat dengan laba bersih Rp.500,- maka
keuntungan dalam 1 hari adalah Rp. 50.000,- , dan dalam sebulan Rp. 50.000,- X
10 kali panen = Rp.500.000,-.
Bayangkan jika kita bisa menaikkan
jumlah panen dalam sehari menjadi 1000 ikat, tentunya keuntungannya cukup
besar.
b)
Paket
Investor
PAKET
|
INVESTASI
|
KEUNTUNGAN
dari Laba Penjualan/panen
|
SILVER
|
Rp. 3.000.000,-
|
5%
|
GOLD
|
Rp. 5.000.000,-
|
8%
|
DIAMOND
|
Rp. 10.000.000,-
|
15%
|
Dari ketiga paket
investor diatas, uang yang diserahkan kepada kami akan digunakan untuk membeli
kebutuhan alat dan bahan. Keuntungan yang tertera pada paket diatas adalah
keuntungan yang akan terus didapat oleh para investor selama perusahaan
Hy-Vegetables berdiri. Selain itu kami juga menerima investasi berupa lahan,
namun untuk pembagian keuntungan akan diberikan sesuai kesepakatan. Para
investor juga akan menerima laporan keuangan setiap bulannya, agar bisa
memantau jalannya bisnis.
LAPORAN
KEUANGAN HY-VEGETABLES
Produksi
Pertama (26 April 2016)
|
||||
Tanggal
|
Keterangan
|
Pemasukan
|
Pengeluaran
|
Total
|
22/3/16
|
Modal Awal
|
Rp 350.000,-
|
||
23/3/16
|
Benih kangkung 1kg+ongkir
|
Rp 47.000,-
|
||
24/3/16
|
Gelas
ukur 500ml
|
Rp 10.000,-
|
||
24/3/16
|
Suntikan ukuran 12ml
|
Rp 5.000,-
|
||
24/3/16
|
Nutrisi merk "Hydro J"
250gram
|
Rp 20.000,-
|
||
25/3/16
|
2 set keranjang lubang
kecil dan baskom kotak
|
Rp 70.000,-
|
||
25/3/16
|
Strimin nylon 100x90 cm
|
Rp 18.500,-
|
||
25/3/16
|
Sprayer / semprotan air
dengan kapasitas 2 L merk Kyokan
|
Rp 40.000,-
|
||
26/3/16
|
Untuk 2 set keranjang
beserta wadah
|
Rp 60.000,-
|
||
26/3/16
|
Bak
air plastik berukuran besar
|
Rp 25.000,-
|
||
5/4/16
|
Selotip
|
Rp 14.000,-
|
||
12/4/16
|
Sticker
|
Rp 5.000,-
|
||
Plastik 20x35cm isi 20
|
Rp 6.000,-
|
|||
26/4/16
|
Hasil Penjualan untuk produksi
26/4/2016 (20 Ikat)
|
Rp 50.000,-
|
||
Total
|
Rp 400.000,-
|
Rp 320.500,-
|
Rp 79.500
|
Produksi Kedua ( 27 Mei
2016)
|
||||
Tanggal
|
Keterangan
|
Pemasukan
|
Pengeluaran
|
Total
|
27/4/16
|
Filter
aquarium
|
Rp 8000,-
|
||
27/5/16
|
Hasil Penjualan untuk produksi
27/5/2016 (20 Ikat)
|
Rp 50.000,-
|
||
Total
|
Rp 50.000,-
|
Rp 8.000,-
|
Rp 42.000
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar