PERUBAHAN DAN PERKEMBANGAN ORGANISASI
Perubahan dan perkembangan Organisasi
Pengertian Perkembangan Organisasi
Ada beberapa pengertian tentang Perkembangan Organisasi, diantaranya :
a. Strategi untuk merubah nilai-nilai daripada manusia
dan juga struktur organisasi sehingga
organisasi itu dapat beradaptasi dengan dengan lingkungannya.
b. Suatu penyempurnaan yang terencana dalam fungsi menyeluruh (nilai dan
struktur) suatu organisasi.
c. PO merupakan suatu proses yang meliputi serangkaian perencanaan perubahan
yang sistematis yang dilakukan secara terus-menerus oleh suatu organisasi.
d. PO merupakan suatu pendekatan situasional atau kontingensi untuk
meningkatkan efektifitas organisasi
e. PO lebih menekankan pada system sebagai sasaran perubahan.
f. PO meliputi perubahan yang sengaja direncanakan
Dari beberapa pengertian diatas,dapat kita simpulkan bahwa Pengembangan
Organisasi merupakan program yang berusaha meningkatkan efektivitas
keorganisasian dengan mengintegrasikan keinginan bersama akan pertumbuhan dan
perkembangan dengan tujuan keorganisasian. Pengembangan organisasi (PO) sebagai
suatu disiplin perubahan perencanaan yang menekankan pada penerapan ilmu
pengetahuan dan praktek keperilakuan untuk membantu organisasi-organisasi
mencapai efektivitas yang lebih besar. Para manajer dan staf ahli harus bekerja
dengan dan melalui orang-orang untuk melaksanakan tugas-tugas mereka dan PO
dapat membantu mereka membentuk hubungan yang efektif di antara mereka. Di
dalam menghadapi akselerasi perubahan yang semakin cepat, PO diperlukan untuk
bisa mengatasi konsekuensi-konsekuensi dari perubahan tersebut.
Pengembangan organisasi mengukur prestasi suatu organisasi dari segi efisiensi,
efektifitas dan kesehatan.
Faktor-faktor perubahan organisasi:
Proses perubahan organisasi adalah konsep daur hidup atau life cycle.
Organisasi mengalami proses kelahiran pertumbuhan, berkembang, kematangan,
kemunduran dan akhirnya mengalami kematian sebagaimana dalam semua sistem
biologi dam sistem sosial. Fase-fase perkembangan organisasi juga memiliki
sifat kuaintitatif dan kualitatif yang merupakan indikator ” mati-hidup ” suatu
organisasi.
Organisasi juga harus melihat arah perubahan lingkungan yang pasti dan yang
tidak pasti. Artinya, organisasi adaptif atas perubahan yang terjadi
pada lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, suatu organisasi haruslah
mengembangkan strategi dalam mengadaptasi perubahan lingkungan, termasuk
strategi dalam melakukan kontrol terhadap lingkungan. Untuk itu perlu kiranya
merencanakan perubahan organisasi, termasuk di dalamnya yaitu mengembangkan
organisasi.
Adapun Proses dari perubahan:
Mengadakan pengkajian
Mengadakan identifikasi
Menentukan strategi
Melakukan evaluasi.
Faktor-faktor penyebab Perubahan
organisasi dibedakan menjadi dua,antara lain:
Faktor Intern
a. Perubahan kebijakan lingkungan
b. Perubahan tujuan
c. Perluasan wilayah operasi tujuan
d. Volume kegiatan bertambah banyak
e. Sikap & perilaku dari para anggota organisasi.
2. Faktor Ekstern
a. Politik
b. Hukum
c. Kebudayaan
d. Teknologi
e. Sumber daya alam
f. Demografi
g. Sosiologi
Proses Perubahan
Organisasi apapun tidak dapat menghindarkan diri dari pengaruh daripada
berbagai perubahan yang terjadi di luar organisasi. Perubahan tersebut
mempunyai dampak tehadap organisasi, baik dampak yang bersifat negatif maupun
positif. Dampak bersifat negati apabila perubahan itu menjadi hambatan bagi
kelancaran, perkembangan dan kemajuan organisasi. Dampak bersifat positif
apabila perubahan yang terjadi di luar organisasi.
• MENGADAKAN IDENTIFIKASI
• MENETAPKAN PERUBAHAN
• MENENTUKAN STRATEGI
• MELAKUKAN EVALUASI
Ciri-ciri pengembangan organisasi
Organisasi merupakan sekumpulan orang-orang yang berada dalam satu wadah dan
mempunyai satu tujuan yang sama dan
terstruktur.
Pengembangan oraganisasi dapat membantu suatu organisasi untuk
menciptakan tanggapan-tanggapan positif terhadap terhadap perubahan-perubahan
dengan cara melakukan perubahan dalam
organisasi.
Pengembangan organisasi merupakan suatu pendekatan sistematik, terpadu
dan terencana untuk meningkatkan efektivitas organisasi serta memecahkan
masalah-masalah.
Pengembangan organisasi mempunyai 2 arti yaitu pengembangan organisasi
sebagai fungsi administrasi dan pengembangan organisasi sebagai fungsi
spesialis atau sebagai teknik
manajemen.
Ciri-ciri pengembangan organisasi adalah suatu strategi pendidikan yang
komplleks yang dimaksudkan untuk mengubah keyakinan, sikap, nilai dan struktur
organisasi sehingga mereka dapat lebih beradaptasi dengan teknologi baru, pemasaran
dan tantangan, dan tinngkat yang memusingkan perubahan itu sendiri
Metode Pengembangan Organisasi
Program pengembangan organisasi memiliki hal-hal pokok berikut ini:
1.Program ini dipimpin dan didukung dari atas, dapat juga menggunakan pihak
ketiga (atau agen perubahan) untuk mendiagnosis masalah dan memperbaikinya,
atau mengatasi perubahan melalui berbagai jenis kegiatan yang direncanakan,
atau intervensi.
2.Rencana-rencana pengembangan organisasi didasarkan kepada analisis dan
diagnosis yang sistematis, mengenai keadaan organisasi serta perubahan dan
masalah-masalah yang mempengaruhinya.
3. Program ini berhubungan dengan bagaimana organisasi bertindak pada waktu
perubahan terjadi, dengan menggunakan proses seperti interaksi, komunikasi,
perencanaan peran serta, dan benturan.
sumber : http://www.hrcentro.com
x
Tidak ada komentar:
Posting Komentar