ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN 2C
DISUSUN OLEH
KELOMPOK 1
ADIT PRASETYO
(10112204)
ABDUL RACHMAN (10112023)
JUDITA FITRIA
WAHYU EKAPUTRI (13112983)
LUCKY ANGGI
SAPUTRA (14112252)
SISTEM INFORMASI/1KA04
UNIVERSITAS GUNADARMA
MARET 2013
PEMBAHASAN
A. Memori
(komputer)
Memori (atau
lebih tepat disebut memori fisik) merupakan istilah generik yang merujuk
pada media penyimpan data sementara pada komputer. Setiap
program dan data yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam
memori fisik. Data yang disimpan dalam memori fisik bersifat sementara, karena
data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer tersebut masih
dialiri daya (dengan kata lain, komputer itu masih hidup). Ketika komputer itu
direset atau dimatikan, data yang disimpan dalam memori fisik akan hilang. Oleh
karena itulah, sebelum mematikan komputer, semua data yang belum disimpan ke
dalam media penyimpanan permanen (umumnya berbasis disk, semacam hard
disk atau floppy disk), sehingga data tersebut dapat dibuka kembali
di lain kesempatan. Memori fisik umumnya diimplementasikan dalam
bentuk Random Access memory, yang bersifat dinamis (DRAM).
Mengapa disebutRandom Access, adalah karena akses terhadap lokasi-lokasi di
dalamnya dapat dilakukan secara acak (random), bukan secara berurutan
(sekuensial). Meskipun demikian, kata random accessdalam RAM ini sering
menjadi salah kaprah. Sebagai contoh, memori yang hanya dapat
dibaca (ROM), juga dapat diakses secara random, tetapi ia dibedakan dengan
RAM karena ROM dapat menyimpan data tanpa kebutuhan daya dan tidak dapat
ditulisi sewaktu-waktu. Selain itu, hard disk yang juga merupakan
salah satu media penyimpanan juga dapat diakses secara acak, tapi ia tidak
digolongkan ke dalam Random Access Memory.
Komponen utama
dalam sistem komputer adalah Arithmetic and Logic
Unit (ALU), Control Circuitry, Storage Space dan
piranti Input/Output. Tanpa memori, komputer hanya berfungsi sebagai
piranti pemroses sinyal digital saja, contohnya kalkulator atau media
player. Kemampuan memori untuk menyimpan data, instruksi dan informasi-lah yang
membuat komputer dapat disebut sebagai komputer multi-fungsi (general-purpose).
Komputer merupakan piranti digital, maka informasi disajikan dengan sistem
bilangan biner (binary). Teks, angka, gambar, suara dan video dikonversikan
menjadi sekumpulan bilangan biner (binary digit atau disingkat bit).
Sekumpulan bilangan biner dikenal dengan istilah BYTE, dimana 1 byte = 8 bits.
Semakin besar ukuran memori-nya maka semakin banyak pula informasi yang dapat
disimpan di dalam komputer (media penyimpanan).
Memori
merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan
informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Memori biasanya disebut
juga dengan istilah : computer storage, computer memory atau memory, merupakan
piranti komputer yang digunakan sebagai media penyimpan data dan informasi saat
menggunakan komputer. Memory merupakan bagian yang penting dalam komputer
modern dan letaknya di dalam CPU (Central Processing Unit). Sebagian besar
komputer memiliki hirarki memori yang terdiri atas tiga level, yaitu:
physical
Register di CPU, berada di level teratas. Informasi yang berada di register
dapat diakses dalam satu clock cycle CPU.
Primary
Memory (executable memory), berada di level tengah. Contohnya, RAM. Primary
Memory diukur dengan satu byte dalam satu waktu, secara relatif dapat diakses
dengan cepat, dan bersifat volatile (informasi bisa hilang ketika komputer
dimatikan). CPU mengakses memori ini dengan instruksi single load dan store
dalam beberapa clock cycle.
Secondary
Memory, berada di level bawah. Contohnya, disk atau tape. Secondary Memory
diukur sebagai kumpulan dari bytes (block of bytes), waktu aksesnya lambat, dan
bersifat non-volatile (informasi tetap tersimpan ketika komputer dimatikan).
Memori ini diterapkan di storage device, jadi akses meliputi aksi oleh driver
dan device.
Beberapa
jenis memori yang banyak digunakan adalah sebagai berikut:
A. MEMORI
INTERNAL
Memori jenis
ini dapat diakses secara langsung oleh prosesor. Memori internal memiliki
fungsi sebagai pengingat. Dalam hal ini yang disimpan di dalam memori utama
dapat berupa data atau program. Memori biasa terbagi dibedakan menjadi dua
macam: ROM dan RAM. Selain itu, terdapat pula memori yang disebut CACHE MEMORI,
CMOS, DRAM, SDRAM, DIMM.
ROM(Read-Only-Memorya.k.afirmware)
Adalah jenis memori yang isinya tidak hilang ketika tidak mendapat aliran listrik dan pada awalnya isinya hanya bisa dibaca. ROM pada komputer disediakan oleh vendor komputer dan berisi program atau data. Di dalam PC, ROM biasa disebut BIOS (Basic Input/Output System) atau ROM-BIOS.
Adalah jenis memori yang isinya tidak hilang ketika tidak mendapat aliran listrik dan pada awalnya isinya hanya bisa dibaca. ROM pada komputer disediakan oleh vendor komputer dan berisi program atau data. Di dalam PC, ROM biasa disebut BIOS (Basic Input/Output System) atau ROM-BIOS.
CMOS
(Compmentary Meta-Oxyde Semiconductor).
Adalah jenis cip yang memerlukan daya listrik dari baterai. Cip ini berisi memori 64-byte yang isinya dapat diganti. Pada CMOS inilah berbagai pengaturan dasar komputer dilakukan, misalnya peranti yang digunakan untuk memuat sistem operasi dan termasuk pula tanggal dan jam sistem. CMOS merupukan bagian dari ROM.
Adalah jenis cip yang memerlukan daya listrik dari baterai. Cip ini berisi memori 64-byte yang isinya dapat diganti. Pada CMOS inilah berbagai pengaturan dasar komputer dilakukan, misalnya peranti yang digunakan untuk memuat sistem operasi dan termasuk pula tanggal dan jam sistem. CMOS merupukan bagian dari ROM.
RAM
(Random-Access Memory).
Adalah jenis memori yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer dihidupkan dan bersifat volatile. Selain itu, RAM mempunyai sifat yakni dapat menyimpan dan mengambil data dengan sangat cepat.
Adalah jenis memori yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer dihidupkan dan bersifat volatile. Selain itu, RAM mempunyai sifat yakni dapat menyimpan dan mengambil data dengan sangat cepat.
DRAM (Dynamic
RAM).
Adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang terkandung di dalamnya tidak hilang. DRAM merupakan salah satu tipe RAM yang terdapat dalam PC.
Adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang terkandung di dalamnya tidak hilang. DRAM merupakan salah satu tipe RAM yang terdapat dalam PC.
SDRAM
(Sychronous Dynamic RAM).
Adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM namun telah disnkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. Cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.
Adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM namun telah disnkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. Cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.
DIMM (dual
in-line memory module)
Berkapasitas 168 pin, kedua belah modul memori ini aktif, setiap permukaan adalah 84 pin. Ini berbeda daripada SIMM yang hanya berfungsi pada sebelah modul saja. Mensuport 64 bit penghantaran data. SDRAM (synchronous DRAM) menggunakan DIMM. Merupakan penganti dari DRAM, FPM (fast page memory) dan EDO. SDRAM pengatur (synchronizes) memori supaya sama dengan CPU clock untuk pemindahan data yang lebih cepat. Terdapat dalam dua kecepatan yaitu 100MHz (PC100) dan 133MHz (PC133). DIMM 168 PIN. DIMM adalah jenis RAM yang terdapat di pasaran.
Berkapasitas 168 pin, kedua belah modul memori ini aktif, setiap permukaan adalah 84 pin. Ini berbeda daripada SIMM yang hanya berfungsi pada sebelah modul saja. Mensuport 64 bit penghantaran data. SDRAM (synchronous DRAM) menggunakan DIMM. Merupakan penganti dari DRAM, FPM (fast page memory) dan EDO. SDRAM pengatur (synchronizes) memori supaya sama dengan CPU clock untuk pemindahan data yang lebih cepat. Terdapat dalam dua kecepatan yaitu 100MHz (PC100) dan 133MHz (PC133). DIMM 168 PIN. DIMM adalah jenis RAM yang terdapat di pasaran.
CACHE MEMORY.
Memori berkapasitas terbatas, memori ini berkecepatan tinggi dan lebih mahal dibandingkan memory utama. Berada diantara memori utama dan register pemroses, berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu kepada memori utama tetapi di cache memory yang kecepatan aksesnya yang lebih tinggi, metode menggunakan cache memory ini akan meningkatkan kinerja sistem. Cache memory adalah tipe RAM tercepat yang ada, dan digunakan oleh CPU, hard drive, dan beberapa komponen lainnya.
Memori berkapasitas terbatas, memori ini berkecepatan tinggi dan lebih mahal dibandingkan memory utama. Berada diantara memori utama dan register pemroses, berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu kepada memori utama tetapi di cache memory yang kecepatan aksesnya yang lebih tinggi, metode menggunakan cache memory ini akan meningkatkan kinerja sistem. Cache memory adalah tipe RAM tercepat yang ada, dan digunakan oleh CPU, hard drive, dan beberapa komponen lainnya.
B. MEMORI
EKSTERNAL
Merupakan
memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program.Contoh:
Hardisk, Floppy Disk dll. Hubungan antara Chace Memori, Memori Utama dan Konsep
dasar memori eksternal adalah : Menyimpan data bersifat tetap (non volatile),
baik pada saat komputer aktif atau tidak. Memori eksternal biasa disebut juga
memori eksternal yaitu perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan,
pembacaan dan penyimpanan data, di luar memori utama. Memori eksternal
mempunyai dua tujuan utama yaitu sebagai penyimpan permanen untuk membantu
fungsi RAM dan yang untuk mendapatkan memori murah yang berkapasitas tinggi
bagi pengguna.
B. Pengertian Scope Variable
Ruang lingkup variabel menentukan
visibilitas ke seluruh program. Dalam contoh seluruh tutorial C # Fundamentals,
variabel telah didefinisikan dalam metode. Ketika dibuat dalam cara ini, ruang
lingkup variabel adalah metode keseluruhan setelah deklarasi. Ini berarti bahwa
variabel tersebut tersedia untuk digunakan dalam metode tetapi ketika kontrol
melewati variabel ke metode lain tidak tersedia.
Ada kemungkinan lain untuk lingkup variabel tersebut.
Misalnya, variabel dapat dideklarasikan dalam loop atau struktur kode lain dan
hanya dapat dilihat kode dalam struktur. Sebuah variabel scoped lebih
luas dapat dinyatakan di tingkat kelas sehingga dapat digunakan oleh setiap
metode dalam kelas. Bahkan, ruang lingkup variabel adalah selalu sepenuhnya
blok kode itu dinyatakan dalam.
Seperti telah ditunjukkan seluruh
tutorial, blok kode bisa bersarang. Sebuah loop dalam sebuah metode dalam kelas
menyediakan tiga tingkat blok kode bersarang dan, karenanya, tiga tingkat
lingkup bersarang. Ketika variabel dinyatakan dalam satu lingkup ini bersarang,
itu terlihat hanya untuk ruang lingkup saat ini dan setiap lingkup bersarang di
dalamnya. Ini berarti bahwa variabel dideklarasikan dalam loop tidak terlihat
dari luar lingkaran yang sementara variabel yang dideklarasikan di luar loop
adalah juga terlihat dalam loop.
VARIABEL SCOPE
Varibel
merupakan komponen penting pada pemrograman, Variabel digunakan dalam program
untuk menyimpan suatu nilai, dan nilai yang ada padanya dapat dirubah selama
eksekusi program berlangsung.
Jika
suatu variable diisi dengan nilai di luar jangkauannya maka nilai yang akan
disimpan akan diubah sesuai dengan jangkauannya. Misalnya, bila suatu variable
bertipe integer diberi nilai 75000, yang tersimpan pada variable tersebut
berupa 9494. Sebab nilai positif terbesar pada tipe integer yaitu 32767. Hal
ini bekerja sebagaimana speedometer pada kendaraan bermotor. Pada spedometer,
apabila nilai maksimumnya terlampaui akan dimulai dari nilai terendahnya,
yakni nol.
Perlu
diketahui, pemrograman aritmatika yang menggunakan tipe seperti integer akan
lebih cepat dibandingkan kalau menggunakan tipe long integer itulah sebabnya
sedapat mungkin untuk menggunakan variable dengan memori berukuran kecil.
Pendefinisian variabel
tergantung pada bahasa pemrograman yang dipakai ada yang pendefinisian variabel
dapat diletakan dimana saja (contohnya : Basic, C++, Dbase, dll ) dan ada
pula bahasa pemrograman yang sudah ditentukan pendefinisian variabelnya (contohnya
: Pascal, Cobol, dll).
Cakupan
(scope) dari sebuah variabel
maksudnya adalah sampai mana variabel tersebut memiliki nilai ketika dieksekusi
ke dalam sebuah proses. Dengan kata lain, cakupan variabel ini sangat
bergantung pada tempat dimana ia dideklarasikan.
VARIABEL GLOBAL DAN VARIABLE LOKAL
Jenis variabel berdasarkan kelas penyimpanannya, yang berkaitan dengan lingkup
variabel, Sebuah variabel di dalam sebuah fungsi memiliki jangkauan tertentu.
Skop variabel terdiri
dari:
1. Variabel lokal
2. Variabel global
Variable
global adalah variable yang di inisial di bagian atas program
yang bisa di pakai oleh semua fungsi, prosedur, dan program utama.
Kelemahan dari
variable global, antara lain :
Ø Pemborosan memory jika
semua variable di definisikan ke dalam variable main program, Karena konsep
lokal variable.
Ø Jika sebuah fungsi
yang memiliki local variable telah dijalankan memory yang terpakai oleh local
variable fungsi tersebut dapat terpakai oleh variable lain/fungsi lain.
Ø Ngetracenya akan sulit
karena semua variable dianggap global.
Penjelasan lain
mngenai variable global.
Variable
adalah suatu tempat untuk menampung suatu nilai pada memory computer. Untuk
lebih mudah di akses, variable di beri nama. Nama inilah yang akan menjadi
pengenal suatu variable, misalnya a=4, ini berarti bahwa nama variablenya
adalah a dan nilainya adalah 4.
Variable
global dalam form adalah variable yang aktif selama 1 form berjalan, bila
pindah ke form yang lain maka variable ini tidak aktif. Ini dapat dilakukan
dengan mendefinisikan variable diluar subroutine, bisanya diletakan pada baris
paling atas dari suatu form.Contoh :
dim
a as integer diletakan pada baris paling atas maka variable a selalu aktif
selama form aktif. Variable global dalam aplikasi adalah variable yang aktif
selama aplikasi masih aktif. Variable ini masaih aktif meskipun form yang
berjalan sudah berganti. Untuk mendefinisikan variable ini dilakukan dengan
menambahkan modul dan pendefinisian dengan global.
Variable = nilai
Sebagai contoh untuk
memasukan nilai 5 ke dalam variable a dapat di lakukan dengan a=5. atau
memasukan nama ‘widya’ ke dalam variable nama dapat dituliskan nama=”widya”
(pada tipe data string, penulisan diberi tanda petik dua).
Variabel local, Variabel yang hanya
dikenal di daerah yang lokal saja, misalnya di dalam sebuah
fungsi/prosedur tertentu saja dan tidak dikenal di daerah lainnya. Harus
dideklarasikan di dalam blok yang bersangkutan Variabel lokal dibentuk
ketika fungsi dipanggil dan akan dihapus dari memori bila eksekusi terhadap
fungsi selesai.Tidak ada inisialisasi otomatis
Pada program C++ di
atas hasilnya adalah 5, mengapa tidak bernilai 100? Hal ini karena variable c
di definisikan pada blok sendiri sehingga di anggap beda dengan variable
c yang berisi nilai 5.
Variabel Global=
-) Variabel yang
dikenal diseluruh daerah di dalam program, di dalam dan luar fungsi.
-) Dideklarasikan di
luar suatu blok statemen atau di fungsi-fungsi yang menggunakannya.
-) Variabel global
dapat dideklarasikan kembali di dalam fungsi. (redeclare)
Kerugian penggunaan
Variable global:
-) Memboroskan memori
computer karena computer masih lagi. menyimpan nilainya walaupun sudah tidak
diperlukanan lagi.
-) Mudah terjadi
kesalahan program karena satu perubah dapat menyebabkan perubahan menyeluruh
pada program .
-) Pembuatan fungsi
lebih sulit, karena harus diketahui variable global apa saja yang digunakan.
--) Pendeteksian kesalahan program lebih sulit dilakukan.
CONTOH :
#include (iostream.h)
#include (conio.h)
int a; // ini yang dinamakan
variabel global
void main()
{
a = 10;
cout <<
"Nilai a = " << style="font-weight:
bold;">Variabel Lokal :
#include (iostream.h)
#include (conio.h)
voin main()
{
int a; // ini yang disebut
dengan variabel local
a = 10;
cout <<
"Nilai a = " <<>
C. Variabel
dan Memori
Variabel merupakan komponen penting pada pemrograman, variable
yang digunakan dalam program untuk menyimpan suatu nilai, dan nilai yang ada
padanya dapat dirubah selama eksekusi program berlangsung.
Jika suatu variable
diisi dengan nilai diluar jangkauannya maka nilai yang akan diubah sesuai
dengan jangkauannya. Misalnya, bila suatu variable bertipe integer diberi nilai
75000, yang tersimpan pada variable tersebut berupa 9494. Sebab nilai positif
terbesar pada tipe integer yaitu 32767. Hal ini bekerja sebagaimana speedometer
pada kendaraan bermotor. Pada speedometer, apabila nilai maksimumnya terlampau
akan dimulai dari nilai terendahnya, yakni nol.
Perlu diketahui,
programan aritmatika yang mengunakan tipe seperti integer akan lebih cepat
dibandingkan kalau menggunakan tipe long integer itulah sebabnya sedapat
mungkin untuk menggunakan variable dengan memori berukuran kecil.
Pendefinisian
variable tergantung pada bahasa pemrograman yang dipakai ada yang pendefinisian
variable dapat diletakan dimana saja (contohnya : Basic, C++, Dbase, dll) dan
ada pula bahasa pemrograman yang sudah ditentukan pendefinisian variablenya
(contohnya : Pascal, Cobol, dll)
Lingkup Variable
Pemahaman
terhadap lingkup variable didalam penulisan fungsi sangatlah penting, agar
tidak salah dalam menggunakan suatu variable. Lingkup variable menentukan
keberadaan variable tertentu didalam fungsi. Ada variable yang hanya dikenal
disuatu fungsi dan tidak dikenal pada fungsi lain. Namun ada juga variable yang
dapat diakses oleh semua fungsi.
Jenis variable berdasarkan kelas penyimpanannya, yang berkaitan
dengan lingkup variable, yaitu :
o Variabel
otomatis
o Variabel
ekternal
o Variabel
statis
Variabel yang didefinisikan didalam suatu fungsi berlaku sebagai
variable lokal bagi fungsi. Artinya, variable tersebut hanya dikenal didalam
fungsi tempat variable didefinisikan.
Suatu variable otomatis mempunyai sifat :
Ø Variabel
hanya akan diciptakan pada saat fungsi dipanggil.
Ø Pada
saat fungsi berakhir (selesai dieksekusi), variable otomatis menjadi sirna.
Ø Tidak
ada inisialisasi secara otomatis (pada saat variable diciptakan). Inisialisasi
oleh pemrograman akan dikerjakan setiap kali fungsi dipanggil.
Ø Hanya
dapat diakses didalam fungsi yang mendefinisikan.
Selang waktu antara penciptaan variable hingga penyirnaannya
sering disebut sebagai lifetime atau durasi. Durasi dari variable otomatis
hanya pada saat fungsi yang mendefinisikannya dieksekusi.
o Variabel
eksternal
Variable eksternal merupakan kebalikan dari variable otomatis.
Variable eksternal adalah variable yang didefinisikan diluar fungsi manapun.
Variable ini dikenal juga sebagai variable global, sebab variable ini dikenal
disemua fungsi. Anda dapat mendeklarasikan bukan mendefinisikan, karena tidak
ada pengalokasian memori. Sehingga sifat dari variable eksternal kebalikan dari
variable otomatis.
Penggunaan variable eksternal diusahakan sesedikit mungkin atau
sedapat mungkin tidak usah digunakan. Tidak lain adalah karena variable ini
mudah sekali berubah oleh pernyataan penugasan yang letaknya bisa dimana saja.
Ini bisa menimbulkan efek samping yang sulit untuk melacaknya, terutama untuk
program yang besar.
Variable eksternal mempunyai durasi selama program dieksekusi.
Dengan kata lain, memori ang digunakan untuk variable ini tetap dipertahankan
selama program belum berakhir.
o Variable
Statis
Baik variable eksternal maupun otomatis dapat berkedudukan sebagai
variable statis. Suatu variable statis mempunyai sifat :
Jika variable lokal berdiri sebagai variable statis, maka :
ü Variable
tetap hanya dapat diakses pada fungsi yang mendefinisikannya.
ü Variable
tidak hilang saat dieksekusi fungsi terakhir nilainya akan tetap dipertahankan,
sehingga akan dikenali pada pemanggilan fungsi untuk tahap berikutnya.
ü Inisialisasi
oleh pemrograman akan dilakukan sekali saja selama program dijalankan, jika
tidak ada inisialisasi secara eksplisit, variable diisi dengan nol.
Jika variable eksternal dijadikan sebagai variable statis,
variable ini dapat diakses oleh semua file yang didefinisikan pada file yang
sama denga variable eksternal tersebut (hal ini bermanfaat pada pemrograman
file berganda atau kode program ditaruh pada beberapa file).
Memori Dinamis
Konsep pengalokasian memori :
Tataletak memori pada komputer setelah suatu program dimuat ke
memori komputer. Seperti gambar berikut :
Heap
Data
Kode
Pada saat program yang dibuat dijalankan, terdapat sejumlah memori
yang tidak terpakai. Memori ini dikenal sebagai Heap. Memori inilah yang dapat dipakai
untuk menciptakan variable dinamis. Ukuran memori ini sangatlah bervariasi,
tergantung pada model memori yang digunakan compiler dan juga system informasi.
2. Argumen Relasional
2. Argumen Relasional
Argumen
Relasional adalah Operator relasional yang digunakan untuk mmbandingkan 2 atau
lebih objek. Java sendiri menyediakan enam operator relasional, seperti : lebih
besar dari (>), kurang dari (<), lebih besar dari atau sama (>=),
kurang dari atau sama (<=), (==), sama dan tidak sama (!=). Semua operator
relasional adalah operator biner, dan operan mereka ekspresi numerik. Numerik
biner diterapkan pada operan dari operator, Hasil evaluasi dalam nilai boolean.
Operator relasional memiliki awalan lebih rendah dari operator aritmatika,
tetapi lebih tinggi dari operator penugasan. jadi, intinya Argumen Relasional
digunakan untuk mencari nilai kebenaran.
Contoh argument relasi:
1. Jika kacamataku ada di dapur,
maka aku pasti sudah melihatnya ketika sarapan pagi.
2. Aku mambaca Koran di ruang tamu
atau aku membacanya di teras.
3. Jika aku membaca Koran di ruang
tamu, maka pastilah kacamata kuletakkan di meja tamu.
4. Aku tidak melihat kacamataku pada
waktu sarapan pagi.
5. Jika aku membaca buku di ranjang,
maka kacamata ku letakkan di meja samping tempat tidur.
6. Jika aku membaca Koran di dapur,
maka kacamataku ada di meja dapur.
Berdasarkan Fakta-fakta yang ada, tentukan letak
kacamata!
PROPOSISI
P = Kacamata ada di meja dapur
q = Aku melihat kacamataku ketika sarapan pagi
r = Aku membaca Koran diruang tamu
s = Aku membaca Koran di teras
t = Kacamata ku letakan di atas meja tamu
u = Aku membaca buku di tempat tidur
v = Kacamata ku letakan di samping tempat tidur
3.
Common
Fallacies
Common Fallacies
adalah elemen
didalam argumen yang mengacaukan logika berfikir sehingga mengakibatkan suatu
diskusi atau perdebatan menjadi tak obyektif dan tak sah secara keseluruhan.
Contoh common fallacies :
P1 :semua
komputer membutuhkan listrik
P2
: Komputer saya tersambung listrik
C
: Komputer saya menyala
Fakta
p
Komputer membutuhkan listrik
q
Komputer saya menyala
Daftar Pustaka :
http://wikipedia.org/wiki/Memori_(komputer)
http://com-xerocool.blogspot.com/2012/01/pengertian-memori.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar